Skip to main content

Mengenal Peluang Investasi Reksadana


Siapa yang tidak setuju kalau investasi itu penting? Rasanya semua orang menganggap investasi sebagai hal yang penting, bahkan semakin cepat bisa dimulai semakin baik. Tapi beberapa orang terus menunda berinvestasi karena beranggapan bahwa peluang investasi perlu uang yang tidak sedikit, seperti misalnya peluang investasi saham dan peluang investasi emas logam mulia. Belum lagi kalau kita bicara investasi dalam bentuk investasi properti, makin tidak berani kita memulainya! Namun sebenarnya ada reksadana. Peluang investasi reksadana bisa dilakukan dengan uang yang jauh lebih kecil dibanding investasi saham.

Reksadana adalah produk investasi berupa dana kolektif yang dikumpulkan dari banyak investor yang bertujuan untuk diinvestasikan di bermacam instrumen investasi seperti saham, obligasi, pasar uang, dan lainnya. Reksadana dikelola oleh manajemer investasi dengan tujuan agar dana investor yang diinvestasikan memperoleh keuntungan sesuai kriteria pada prospektus produk. Keberadaan manajer investasi ini membantu investor sehingga tidak perlu pusing menganalisa saham apa yang pergerakan bagus dan kapan sebaiknya harus beli atau jual. Investor reksadana  cukup sediakan dananya dan pilih produk reksadananya, selanjutnya manajer investasi yang akan mengelola modal Anda.

Lalu bagaimana cara kerja reksadana? Saat kita beli reksadana maka sebenarnya kita membeli unit kepersertaan investasi yang dinyatakan dalam NAB (Nilai Aktiva Bersih) dengan jumlah tertentu. Dengan memiliki unit investasi, investor memiliki bagian proporsional dari aset reksadana dan tiap pemilik unit berpartisipasi secara proporsional dalam keuntungan maupun kerugiannya. NAB atau harga per unit adalah indikasi untuk memonitor performa reksadana, apakah untung atau rugi.

Investasi reksadana aman karena dana investor tidak disimpan oleh manajer investasi melainkan di pihak lain yang dikenal dengan nama bank kustodian. Selain itu reksadana juga diawasi dan diatur oleh lembaga berwenang bernama Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

Masih ada lagi keuntungan berinvestasi reksadana yang bisa menjadi alasan Anda untuk mencobanya, yaitu:
  1. Membeli reksadana langsung memberikan keuntungan berupa diversifikasi instan dan alokasi aset tanpa perlu uang dalam jumlah besar.
  2. Melalui reksadana kita bisa melakukan transaksi dalam skala jauh lebih besar dengan uang lebih sedikit.
  3. Reksadana memberi kita keleluasaan untuk melakukan investasi berkala melalui rencana pembelian bulanan.
  4. Investasi reksadana memberikan likuiditas atau keleluasaan untuk aksi beli dan jual secara mudah.
  5. Membeli reksadana bisa dengan modal relatif kecil namun kita mendapat layanan yang profesional dari manajer investasi.
  6. Beli reksadana adalah investasi yang mudah dan simple. Hemat biaya dan hemat waktu untuk riset investasi karena sudah dibantu oleh manejer investasi.
Sudah punya gambaran apa itu peluang investasi reksadana? Sekarang waktunya untuk mencobanya karena semakin cepat dimulai akan semakin baik. 



Sumber image: putuhatesa(dot)com

Comments

Popular posts from this blog

Peluang Sehat Lawan Kanker dengan Jamur Maitake

Menurut data Kementerian Kesehatan, prevalensi penyakit kanker pada penduduk semua umur di Indonesia tahun 2013 sebesar 1.4% atau diperkirakan sekitar 347.792 orang. Jika kita amati, dalam pengobatan kanker sering kali orang hanya fokus pada kesembuhan, sedangkan apa yang terjadi selama pasien berjuang mendapatkan kesembuhan jarang disorot. Padahal selama berjuang pasien harus menanggung berbagai efek samping kemoterapi yang tidak hanya mengganggu aspek fisik tetapi juga mental pasien. Oleh karena itulah diperlukan solusi atau upaya tambahan untuk mengurangi ‘penderitaan’ pasien kanker selama menjalani kemoterapi.

Pada sebuah kesempatan peluncuran produk Vitacare Maitake Pro di Jakarta, dr. Toto Imam Soeparmono Sp.OG.K.Onk—dokter spesialis kebidanan dan kandungan serta konsultan onkolog (kanker)—menyatakan bahwa ada tiga jenis terapi kanker yaitu primer, sekunder, dan komplementer. Terapi primer dengan cara pembedahan atau radiasi bertujuan untuk mengatasi pertumbuhan sel kanker. Terap…

Peluang Beramal Membangun Rumah Yatim Piatu

Kapan terakhir Anda beramal shadaqoh? Berikut adalah informasi tentang peluang beramal membangun rumah yatim piatu yang bisa menjadi kesempatan Anda beramal shodaqoh di jalan Alloh SWT. Rumah yatim piatu tersebut adalah Panti Asuhan Nurul Hasanah yang beralamat di Jl. AMD V No. 27 Petukangan Utara, Pesanggrahan, Jakarta Selatan.

Sasaran beramal shodaqoh sebenarnya tidak hanya anak yatim, namun keutamaan berbuat baik, menyantuni dan memuliakan anak yatim sangat ditekankan seperti yang dijelaskan dalam Al Qur’an dan hadist: “Dan berbuat baiklah kepada ibu bapak dan kaum kerabat serta anak-anak yatim dan orang-orang miskin.” (QS Al Baqarah, 2:83).“Dan memberikan harta yang dicintainya kepada kerabat, anak-anak yatim dan orang-orang miskin.” (Al Baqarah, 2:177).“Katakanlah, “Apa saja harta benda (yang halal) yang kamu infakkan, maka berikanlah kepada ibu bapak, kaum kerabat dan anak-anak yatim.” (QS Al Baqarah, 2:215).“Dan mereka bertanya kepadamu mengenai anak-anak yatim. Katakanlah, “Me…

Peluang Kerja CPNS Tahun 2017 di 61 Lembaga Negara

Di bulan Septemberi 2017 ini pemerintah membuka peluang kerja bagi masyarakat yang tertarik menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Tidak tanggung-tanggung, sejumlah 17.928 disediakan untuk pelamar yang penempatannya nanti tersebar di 61 lembaga Negara (ada 1 untuk pemerintahan provinsi).

Harap diingat bahwa peluang ini waktunya sangat terbatas, jadi jika Anda berminat maka segeralah berburu informasi yang lebih lengkap. Informasi yang kredibel mengenai peluang kerja CPNS tahun 2017 ini hanya bisa diperoleh di website kementerian terkait yaitu Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi dengan link: https://cpns.menpan.go.id/index.php/home/cpns/2
Pendaftaran 11-25 September 2017.


Bagi Anda yang berusia di bawah 35 tahun masih berpeluang untuk mencoba peluang kerja ini. Peluang kerja CPNS 2017 secara rinci bisa juga dicek di bawah ini:
Telah diumumkan dan dibuka secara resmi Penerimaan CPNS Periode 2 tahun 2017 sebanyak 61 Kementerian/Lembaga. Silahkan download pengumuman resmi p…